Monday, January 13, 2014

dream come true (1)


SESUATU  (Gaya Mimpi Baru)
ketika kita memasuki tahun baru ini, ada "sesuatu" yang kita idamkan atau impikan, nah bagaimanakah agar impian menjadi kenyataan alias dreams come true?
pada kesempatan ini saya ingin menyampaikan kebenaran firman Tuhan yang akan menuntun kita menuju pencapaian impian itu.

(bahasannya saya akan posting secara bersambung).
I. Hidup Baru dalam Kerajaan Allah
II. Menikmati kemenangan bersama Allah.
III. Melakukan terobosan.

I. Hidup baru dalam Kerajaan Allah.
pada kali ini kita akan sama-sama belajar mengenai apa yang dimaksud dengan hidup baru dalam kerajaan Allah. Hal pertama yang mendasar untuk mencapai impian menjadi kenyataan adalah menemukan kebenaran bahwa hidup manusia harus mengalami kematian secara rohani dan bangkit kembali dalam kehidupan yang baru bersama Kristus Yesus.

dalam bagian ini kita akan mendalami apa yang dimaksudkan dengan Hidup Baru dalam Kerajaan Allah.

Setiap orang yang percaya kepada Kristus dan menerima secara pribadi dalam hatinya sebagai Tuhan dan Juruselamatnya adalah ahli waris kerajaan Allah (Yoh. 1:12). Sebagai pewaris Kerajaan Allah, yatu Surga yang suci, kudus, dan mulia maka setiap orang percaya itu harus mengalami hal-hal berikut ini:
a. Pembaruan Pikiran. (Paradigma baru).
Paulus menulis dalam Efesus 4:17-19 bahwa setiap orang yang sudah lahir baru hendaknya jangan hidup seperti orang banyak yang pikirannya kosong, tidak punya pikiran, jauh dari realita (bukan mimpi kosong) tidak bisa berpikir dengan benar, untuk 0rang-orang yang demikian Paulus juga menulis dalam suratnya kepada jemaat di Roma " Mereka berbuat seolah-olah mereka penuh hikmat, tetapi mereka telah menjadi bodoh (Rm. 1:22).
Untuk itu diperlukan perubahan yang nyata dalam pikiran karena akan berakibat buruk bagi tindakan atau tingkah laku. tidak ada hal yang akan berubah dalam kehidupan kita bila kita tidak mengubah pikiran kita. Ams. 23:7.
Dengan pikiran yang baru maka kita akan selalu memikirkan perkara yang diatas (rohani) bukan yang dibumi (duniawi, kedagingan) Kol. 3:2. Roma 8:5-6. Sebagai orang percaya sudah seharusnya kita menaruh pikiran dan perasaan di dalam Kristus Yesus Fil. 2:5.
b. Meninggalkan hidup lama, masuk ke dalam hidup baru. Efe. 4:24.
hidup dengan meninggalkan dosa, dan tidak melakukannya lagi, hidup berkarakter Kristus, Perubahan nyata dimulai dari pikirian, perkataan, dan tindakan nyata yang menggambarkan kahidupan yang sungguh sungguh baru di dalam Kristus Yesus. Hidup dengan komitmen tidak lagi menjalani/melakukan dosa-dosa yang telah dilakukan. Kol 3:10. mulailah dengan menjaga mulut kita (Efe. 4:19), perkataan anda dapat menjatuhkan juga mengangkat seseorang, jauhkanlah perkataan bohong, kemarahan dan kata-kata kotor. seblaiknya, hendaklah perkataan anda memotivasi dan membangun sesama, sekalipun anda dan saya bukan seorang motivator.
c. Hidup dituntun Roh Kudus, ciri hidup orang yang diperbaharui oleh Kristus.
hidup sesuai dengan tuntunan Roh Kudus merupakan sebuah anugerah bagi setiap orang yang telah lahir baru. Roh Kudus diberikan kepada kita sebagai penolong dalam hidup kita dan memampukan kita untuk hidup dalam kehendak Allah. kehidupan baru yang akan mengantar kita pada sebuah impian yang sebenarnya, dimana kita akan dipimpin untuk mengenal Kristus (Yoh. 14:26) Dengan hidup dipimpin oleh Roh Kudus, kita akan ditolong untuk dapat mengerti dan mengenal Kristus serta kehidupan yang mengasihi Allah.
d. Gaya hidup baru.
Yang terakhir dari bagian pertama ini adalah mulai gaya hidup baru. Bukan berarti semua yang berkaitan dengan anda baru, seperti misalnya rumah baru, mobil baru, gadget baru, sepeda motor baru, gereja baru, .... jangan-jangan pasangan baru lagi ! Yang dimaksudkan disini adalah bahwa di sekitar kita banyak orang yang diberkati dengan impian besar, begitu pula anda dan saya hendaknya memiliki impian besar dari Allah. Agar impian besar itu terwujud maka mulailah gaya hidup baru dengan meninggalkan gaya hidup lama seperti yang telah saya singgung tadi (diatas), tinggalkan kepahitan, kegeraman, kemarahan, pertikaian, dan fitnah, dan segala kejahatan baik di dalam pikiran sekalipun (Efs. 4:31). Mulailah anda bergaya ramah, kasih mesra, mengampuni. dan sabar Kol 3.13.

Sampai disini dulu, dilain kesempatan saya sambung lagi ke bagian selanjutnya. SELAMAT MENJALANI HIDUP BARU DALAM KERAJAAN ALLAH.

No comments:

Post a Comment

kebijakan anda dalam berkomentar menunjukkan kedewasaan anda.